Baca selengkapnya

Mulai tahun ini akan ada banyak kendaraan listrik murah. Salah satunya adalah Kia Rio Hybrid terbaru. Kia Motors telah memastikan akan berkompetisi pada segmen ini dengan menghadirkan generasi keempatnya yang dibekali mesin hybrid serta transmisi manual yang sangat cerdas.

Model terbaru ini lebih ditingkatkan dengan menghadirkan rangkaian perangkat tambahan yang bisa menyegarkan posisi Rio pada segmen B yang cukup kompetitif. Mobil ini juga telah mendapatkan pembaruan berupa desain eksterior dan desain interior yang mengusung fitur teknologi serta hiburan yang umumnya berada pada mobil dengan bodi besar.

Jantung Pacu Kia Rio Hybrid


Salah satu hal menarik dari varian Kia Rio terbaru ini adalah tawaran berupa jantung pacu baru. Termasuk pada mesin bensin yang telah dikoordinasikan oleh motor listrik 48V dari mild hybrid yang ditambah dengan transmisi manual clutch-by-wire.

Model baru ini mempunyai kualitas, kepraktisan, serta kombinasi tenaga listrik. Desainnya lebih segar dengan fitur keselamatan yang banyak ditemui pada mobil segmen atas. Rio merupakan salah satu mobil Kia pertama yang ditenagai powertrain kendaraan listrik hibrida ringan atau yang sering dikenal dengan MHEV (mild-hybrid electric vehicle).

Mobil ini dipasangi motor listrik dengan mesin baru berupa Kia Smartstream 1000cc T-GDi. Fungsinya adalah untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar yang didukung dengan bantuan torsi listrik serta pengereman regeneratif.

Penggunaan mesin smartstream ini bisa menghasilkan tenaga lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Bila sebelumnya hanya bisa menghasilkan tenaga sebesar 100 ps, saat ini Rio bisa memaksimalkan tenaga sampai dengan 120 ps serta torsi puncak sebesar 200 Nm.

Kabar terbarunya, Kia Rio ini akan dipasarkan pada kuartal ketiga di tahun 2020. Peluncuran mobil bertenaga listrik akan dimulai dari Eropa dengan memberikan garansi selama 7 tahun atau setara dengan 150.000 km.

Sayangnya, sampai saat ini belum terungkap berapa harga dari varian Kia Rio terbaru ini. Meski demikian, sudah ada rincian pembaruan yang disematkan agar bisa meningkatkan daya saing Kia Rio Hybrid di pasaran nantinya.