Baca selengkapnya

Lineup Vinfast

 Melalui Konfrensi pers Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, menyatakan bahwa Indonesia sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan negara-negara lain terkait pengembangan kendaraan listrik. 

“Termasuk peningkatan infrastruktur dan pengisian daya, menciptakan iklim usaha dan investasi yang kondusif, serta mengoptimalkan produksi dan penggunaan sumber daya berkelanjutan. Melalui kerja sama ini, industri dalam negeri akan tumbuh dan ekspor kendaraan listrik dipastikan melonjak,” kata Zulhas.

Menanggapi pernyataan Mendagri Tersebut Merek mobil Vietnam VinFast bersiap masuk Indonesia. Mereka tidak akan sekadar berjualan, tapi juga bakal melakukan perakitan lokal.

Perwakilan Vingroup dan VinFast sudah bertemu dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada Senin (4/9/2023) di Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta.

Ketika itu, menurut keterangan resmi Kemendag, VinFast menyatakan rencana membangun fasilitas manufaktur mobil plus baterai kendaraan listrik di Tanah Air. Namun, tidak disebutkan kapan pabrik tersebut mulai dibangun, juga di mana lokasinya.

VinFast merupakan startup (perusahaan rintisan) dari Vingroup, ‘gurita’ bisnis  raksasa Vietnam. Pabrikan otomotif tersebut, menurut situs resmi mereka, berdiri sejak Juni 2017.

Pada 2019, model-model mobil pertama VinFast diluncurkan yakni VinFast Lux SA2.0, VinFast Lux A2.0, VinFast Fadil.

Pada 2021, mengaspal mobil listrik VinFast VF e34, VinFast VF 8, VinFast VF 9. Pada tahun-tahun berikutnya mengaspal VinFast VF 6 serta VinFast VF 7.

VinFast sendiri pada akhir 2022 memutuskan untuk fokus pada produksi dan penjualan mobil listrik. Mereka juga mulai merambah pasar global seperti Amerika Serikat, Kanada, plus Benua Eropa.

“Setelah Vinfast ekspor ke Amerika Serikat dan sudah mulai groundbreaking (pemancangan tiang perdana) pabrik di Amerika Serikat untuk pasar Amerika Serikat, mereka mulai melihat ASEAN (Asia Tenggara). Sebagai negara terbesar di ASEAN, Indonesia merupakan tujuan favorit untuk melakukan investasi,” kata Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi yang juga ikut serta dalam pertemuan pada awal pekan ini.

Sepanjang 2022, VinFast berhasil menjual 24 ribu unit mobil secara global. Sebanyak 7.400 unit di antaranya adalah mobil listrik.