Plasamobil.com Adalah Website Pameran Mobil Terbesar Di Jakarta, Hanya Di Website ini menyediakan info Mobil All Brand dengan Simulasi Kredit Terbaik Dan Layanan Bintang Lima dari Sales Pilihan Di Setiap Brand. Di Website Ini Juga Konsumen bisa mendapatkan Diskon Dan Promo Terbaik dari Semua Merek Mobil. Sebelum Konsumen memutuskan Keluar Rumah untuk lihat penawaran Mobil Terbaik, Ada Baiknya Mengunjungi Dulu Website Ini
Beranda » » Wuling Resmi Tambah Investasi Di Indonesia Sebanyak 9 Triliun tahun 2019

Wuling Resmi Tambah Investasi Di Indonesia Sebanyak 9 Triliun tahun 2019

Ditulis pada: 26 Desember 2018 | Kategori:

Wuling Almaz

Wuling Almaz

Produsen kendaraan asal Tiongkok Wuling Motors dikabarkan bakal menambah investasinya di Indonesia sebesar Rp9 triliun pada 2019. Investasi tersebut rencananya akan digunakan untuk mengembangkan sejumlah fasilitas pendukung bisnis guna meningkatkan penetrasi pengguna Wuling di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandari mengatakan Wuling semakin serius mengembangkan pasarnya di Indonesia. “Iya, Wuling mau ekspansi Rp9 triliun. Jadi, dia mau serius mengembangkan usahanya di Indonesia, sehingga dia mau investasi,” kata Haris di Jakarta, Rabu (26/12).

Menurutnya, industri otomotif memiliki karakteristik sedikit berbeda dengan industri lain karena tak bisa sembarang pemain bisa ikut masuk dan bersaing. Sehingga perlu upaya lebih agar kepuasan dan kepercayaan pelanggan bisa terus terjaga.

“Investasi di industri otomotif itu beda, sehingga tidak gampang orang masuk di situ. Jadi, dia harus maintain itu, misalnya kebutuhan aftersales, ketersediaan suku cadang, itu semua yang dapat menjaga trust,” ungkap Haris.

Adapun investasi yang dilakukan Wuling, menurutnya akan digunakan untuk memperluas jaringan, memastikan ketersediaan suku cadang hingga memperkuat teknologi untuk pusat riset dan pengembangannya atau Research and Development (R&D)Center.

“Mereka harus menyesuaikan dengan pasar, sehingga perlu juga investasi di R&D selain after sales. Jadi, investasinya di sini besar, dan memerlukan extra effort,” kata Haris.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebut industri otomotif menjadi andalan perekonomian Indonesia di tengah tekanan dinamika perekonomian global.

Hal ini tercermin dari kontribusi industri otomotif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang mencapai 10,16% pada tahun 2017 serta mampu menyerap tenaga kerja langsung sekitar 350 ribu orang dan tenaga kerja tidak langsung sebanyak 1,2 juta orang.

Selain Wuling, produsen otomotif lain yang belum lama ini dikabarkan berencana menyuntik investasinya di dalam negeri adalah Volkswawen atau VW.

Pabrikan otomotif asal Jerman ini berencana membangun pabrik di Indonesia dengan investasi sekitar 50 juta euro. Investasi itu kabarnya akan digunakan untuk memproduksi beberapa varian kendaraannya di Indonesia, untuk kemudian di ekspor ke pasar ASEAN.

“VW juga mau bangun assembly line di sini. Mau buat Tiguan di Indonesia dengan investasi 40 juta sampai 50 juta euro,” kata Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto di Jakarta, Rabu (19/12).

Menurutnya, VW akan membuat pabrik tersebut dengan nama Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) PT Garuda Mataram. Namun Harjanto enggan menyampaikan lokasi pabrik tersebut akan dibangun, karena belum memperoleh informasi lebih lanjut soal investasi ini.

“Assembly line persisnya belum tahu di mana. Tapi mereka bilang sudah lapor ada investasi VW di dalam negeri, dengan masuknya beberapa varian dalam negeri yang akan diproduksi di Indonesia,” ujarnya.

Dengan nilai investasi tersebut, dia memperkirakan kapasitas produksi pabrik tersebut tidak akan terlalu besar, mengingat kendaraan yang dihasilkan di pabrik ini akan diekspor ke pasar ASEAN.

“Untuk 50 juta euro tidak terlalu besar. Itu untuk pasar ASEAN dan sekitarnya,” kata Hardjanto.

Kementerian Perindustrian mencatat investasi sektor industri sepanjang 2018 sebesar Rp 226,18 triliun. Angka ini menurun 18,7% dari capaian tahun lalu yang sebesar Rp 274,8 triliun dan lebih rendah 32,5% dari 2016 yang tercatat sebesar Rp 335,8 triliun.

Lini Yang Akan Di Bangun Wuling Termasuk Wuling Finance

Pabrikan kendaraan asal China, Wuling Motors, akan menambah investasi di Indonesia sebesar Rp9 triliun pada 2019 untuk mengembangkan sejumlah fasilitas pendukung usaha.

“Iya, Wuling itu mau ekspansi Rp9 triliun. Jadi, dia mau serius mengembangkan usahanya di Indonesia, sehingga dia mau investasi,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Haris Munandari dihubungi di Jakarta, Rabu.

Haris memaparkan industri otomotif memiliki karakteristik tersendiri, sehingga perlu menjaga agar kepuasan dan kepercayaan pelanggan dapat terus terjaga.

“Investasi di industri otomotif itu beda, sehingga tidak gampang orang masuk di situ. Jadi, dia harus maintain itu, misalnya kebutuhan aftersales, ketersediaan suku cadang, itu semua yang dapat menjaga trust,” ungkap Haris.

Menurut Haris, ekspansi yang dilakukan Wuling akan digunakan untuk memperluas jaringan, memastikan ketersediaan suku cadang, hingga memperkuat teknologi untuk pusat riset dan pengembangannya atau Research and Development (R&D) Center.

“Mereka harus menyesuaikan dengan pasar, sehingga perlu juga investasi di R&D selain aftersales. Jadi, investasinya di sini besar, dan memerlukan extra effort,” pungkas Haris.

Diketahui Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyebut industri otomotif menjadi andalan perekonomian di tengah tekanan dinamika perekonomian global.

Hal ini tercermin dari sumbangsihnya kepada Produk Domestik Bruto (PDB) yang mencapai 10,16 persen pada tahun 2017 serta mampu menyerap tenaga kerja langsung sekitar 350 ribu orang dan tenaga kerja tidak langsung sebanyak 1,2 juta orang.

Untuk itu Kemenperin aktif mendorong terciptanya penambahan investasi baru maupun perluasan usaha, serta mengajak pelaku industri otomotif untuk mengadopsi teknologi terkini.

Wuling Resmi Tambah Investasi Di Indonesia Sebanyak 9 Triliun tahun 2019 | Plasa Mobil Indonesia

Tags: investasi wuling, wuling motor

Belum ada Komentar untuk Wuling Resmi Tambah Investasi Di Indonesia Sebanyak 9 Triliun tahun 2019

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

r Artikel Blog Terbaru

Jalan Jalan Dengan Mobil Pintar Chevrolet Trax

P 3 Juli 2019 ,

Selain teknologi-teknologi canggih, Chevrolet Trax juga menyajikan fitur-fitur fungsional sederhana yang bisa membuat hidup Anda lebih mudah. Chevrolet Trax. Pasar otomotif di Indonesia mungkin dipenuhi oleh produk-produk Jepang, namun di tengah naiknya kepopuleran SUV, nama Chevrolet semakin dilirik konsumen. Chevrolet merupakan salah... Selengkapnya)

DFSK Glory 560 Mengguncang Indonesia Laris Manis

P 3 Juli 2019 ,

Selama 11 hari pameran, DFSK sukses mengumpulkan 1.487 surat pemesanan kendaraan (SPK) untuk seluruh model yang ditawarkan. Capaian ini sukses melampaui target yang dicanangkan di awal pameran dimana DFSK bisa mengumpulkan 1.000 SPK selama pameran berlangsung. “Terima kasih kepada seluruh... Selengkapnya)

Expander Mengekor Avanza Dan Rush, Wuling Masih Jauh

P 3 Juli 2019 , , ,

Penjualan low multi purpose vehicle (LMPV) milik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Xpander masih belum bisa menandingi model andalan PT Toyota Astra Motor (TAM), Avanza. Bahkan, posisi mobil keluarga tujuh penumpang andalan pabrikan berlambang tiga berlian ini... Selengkapnya)

Expander Jakarta Merupakan Mobil MPV Paling Mahal

P 3 Juli 2019 ,

Mitsubishi Xpander Jadi Low MPV Termahal Telah beberapa kali mengalami kenaikan harga, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimistis mobil di segmen Low MPV andalannya, Xpander tetap diminati konsumen Tanah Air. Menyandang status Low MPV termahal saat ini,... Selengkapnya)

Mobil 2019 Harus Euro 4, Begini Standartnya

P 28 Januari 2019 ,

Regulasi emisi Euro IV sudah mulai diberlakukan sejak 2018 lalu. Mulai diwacanakan sejak 2012, aturan emisi Euro IV dikeluarkan melalui Peraturan Menteri lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M,... Selengkapnya)

Pasang Iklan Anda

Pasang Iklan Anda

Pasang iklan Anda

Telpon Sekarang
Chat Whatsapp
WhatsApp us